Senin, 14 April 2014

Seleksi Tahap I Pertukaran Pelajar Bina AntarBudaya


Seleksi Tahap I Pertukaran Pelajar 
Bina AntarBudaya, Unexpected !

Assalamu'alaikum :) Annyeong modu ! Hi guys ! 

Aku mau nge-share pengalamanku tahun lalu nih, barangkali ada yang ikutan tes pertukaran pelajar AFS juga buat tahun ini hehe. Nah, student exchange atau yang nge-trend dengan nama "pertukaran pelajar" memang  sudah menjamur di dunia edukasi. Di Indonesia juga sudah banyak sekolah2 yang mengadakan kerjasama dg sekolah2 luar negeri untuk 'menukarkan pelajar' mereka. Tujuannya sih so pasti baguus ! Untuk mengetahui + membandingkan edukasi dari masing2 negara. Selain itu, dapat meningkatkan tingkat kemandirian kita, sob ;)





Nah, dari tadi talking about student exchange, dulu pas SMP mendadak ada pengumuman tentang
'sister school'. yaa istilah itu sebenernya hampir sama sih sama pertukaran pelajar. Tapi, yang ini bedaa. 
Bisa dibilang ini cuman 'home visit'. Jadi, SMP ku ngadain 'home visit' ke salah sekolah di Singapura, itu pun cuman seminggu. Berhubung ndadak + mahal jadi aku nggak ikutan hehe. Dari kelasku, ada 1 teman yang ikutan. Total yang ikutan ada 15 an. 

Ndengerin pengalaman dari temenku yg udah ke Singapura itu, aku cuman berprasangka baik pada Allah. Memang waktu itu aku belum bisa ikutan, tapi aku percaya bahwa suatu hari nanti pasti dateng kesempatan untuk mengikuti pertukaran pelajar :) EEEE gaktaunya pas di MAN, kelas X smester 2 ada sosialisasi pertukaran pelajar!! ini niih kesempatan yg kutunggu-tunggu, aku ber antusias ikutan. Ditambah lagi, ada alumni yang dapet beasiswa ke Jepang. Wowowoou aku pun semakin interested in joining it, temen2ku ndukung juga' :3. aku pun mulai 'istiqomah' mantengin info2nya di internet :D. Ortuku setuju aja, aku pun semakin bersemangat :) Tapi, aku bingung.. gada temen yg ikutan AFS itu, sekelasku cuman aku. ada sih katanya anak kelas X-1, anak asrama katanya ikutan. tapi katanya dia ikut Chapter Malang. Sedangkan aku, disuruh ayah ikutan Chapter Surabaya, deket keluarga kalau di SBY. Aku pun mulai ngebujuk temen seperjuanganku di bidang bhs ing untuk ikutan tes AFS juga, katanya dia mau. Tapi masih sibuk ngurusin KIR nya. aku coba bujuk teman dekat, katanya dia pengen juga. ya alhamdulillah deh.

Tempat pendaftaran Chapter Surabaya di Kediri, bertempat di Jl. Kapten Tendean 110. Aku diantar temanku pergi kesana untuk mendaftar. Saat melihat nama2 pendaftar, aku melihat beberapa nama yg tak asing lagi bagiku. yaa, ada 3 teman SMP ku dulu, selain itu ada saingan bertahanku di bidang bhs ing. ya gakpapa lah, hadepi aje :) 
Btw, usai mendaftar, aku nanyain temanku itu jadi ikutan apa enggak. EEEEHHH GAKJADI ! dia gak memenuhi persyaratan! lagi-lagi masalah umur, ada batasan umur, terutama di bulan+tahun lahir. Dia bisa dibilang udah 'tua' kalau melihat batasan umur itu hehe. yasudahlah, akhirnya aku satu-satunya murid dari MAN 3 yg ikut tes di Chapter Surabaya ini, soalnya temenku yg seperjuangan dalam bidang bhs ing itu udah telaat. udah deadline dia belum daftar -,- 

Btw, untuk tes tahap 1 ini, dilaksanakan di SMADA KEDIRI. eeeiitss! sebelum itu, aku harus ngisi formulir secara online. Buset dah, form nya ada 10 lembar loh. Ada aja masalah... waktu itu aku belum dapet nomor PIN *kehabisan. Jadi, ya harus nunggu itu, kalo gak ya gak bisa ngisi form. Menunggu.. akhirnya beberapa hari stelah daftar, datanglah mbak2 ke rumahku, ngasih nomor PIN itu tadi hehe. agak sebel sih sebenarnya, soalnya deadline buat ngisi form tinggal beberapa hari lagi.  "gakpapa, barangkali ada hikmah dibalik semua ini" kata temenku . ya, aku meyakini hal itu :) setelah mendapat no PIN, langsung deh kubuka notebook ku untuk memulai mengisi form. Beneran, ada 10 lembar!! ya mulai dari identitas diri, kehidupan sehari-hari, nilai rapor, alasan ikut AFS, negara yang dituju, dll. Selesai ngisi form, saat mau ngirim form itu, eeh ada lagi masalah -,- sinyal internet rada' lemoot. padahal itu hari terakhir ngumpulin form. Aku hampiir aja mau nangis :D eeh akhirnya bisaa jugaa  Alhamdulillah ( ˘▽˘ʃƪ)

Jeeng Jeeng !! Hari yang dinanti-nanti datang juga. 28 April 2013
Hari dimana tes tahap I dimulai. Pagi pagi, aku berangkat naik motor dengan kemeja putih rapi. Tak lupa aku meminta do'a restu kedua orangtua ku :) . Bismillah.. Aku berangkat menuju SMADA. Disana, sepiii. aku datang terlalu pagi :D gpp lah hehe. Gaklama, temenku SMP dateng. aku samperin deh.
setelah registrasi, tes tahap I dimulai . Tes tahap I adalah tes tulis. Tes ini meliputi Pengetahuan Umum, Bahasa Inggris dan Essay Bahasa Indonesia. Soal P.U berjumlah 125, ya campur2 sih.. ada  matematika dasar,fisika dasar, dan yang paling banyak so pasti pengetahuan tentang dunia, negara2 gitu. Aku sih take it easy. Soalnya, aku udah persiapin jauh2 hari materi P.U + udah pelajari kumpulan soal2nya. Beside that, kan masih ada Bahasa Inggris n essay ;) . Bhs Inggris meliputi grammar,vocab n bhs ing dasar. Yeah! 
I did it well~ I did my best! ┒(˘▽˘┒ ) 

Essay.. essay ini dikasih 3 tema. suruh milih satu. Kita diharuskan mengarang minimal 1 setengah lembar folio bergaris, kalau bisa harus rapi bersih gada kesalahan dalam menulis. Aku pilih tema "Orangtua". Aku mengusung judul "Ridho Tuhan, Ridho Orangtua" Aku menulis dengan penuh konsentrasi , kutuliskan segala yang kupikirkan. Alhamdulillah, aku menulis dengan lancar. Aku pun semakin yakin, dengan bhs ing n essayku, aku pasti bisa LOLOS tahap I ini ! Oh ya guys, diambil 100 peserta yg lolos dari Chapter Surabaya. Jadi, tes tahap I ini di ranking se-Surabaya.

Hari pengumuman tiba.. 12 Mei 2013
eeh Dateng masalah lagi -_-
website nya masih error katanya. jadi masih belum bisa diakses.. terpaksa, panitia yg bersangkutan menulis pengumuman peserta yg lolos di blog agar peserta dapat mengetahui hasil tes tsbt. Jam 11 siang, aku melihat di blog tsbt, ALHAMDULILLAH ! aku LOLOS :) Aku bersyukur. orangtuaku ikut berbahagia .. Beberapa jam kemudian, website nya sudah bisa diakses. Saat kubuka dan kumasukkan no pesertaku, muncul fotoku dan tulisan 
"Selamat ! Adik lolos ke tahap II" Bener-bener seneeeng bangeet rasanya~
Menuju Seleksi Tahap II....
 to be continued :D bye~ \(•ˆ⌣ˆ•)
Wassalamu'alaikum

2 komentar: