Kamis, 22 Januari 2015

Seleksi Pertukaran Pelajar Tahap II, The Best Way from Allah


Seleksi Pertukaran Pelajar Tahap II, 

The Best Way from Allah

Assalamu’alaikum
Halo haloo.. aku mau nglanjutin postingan lamaku niih. Lanjutan dari seleksi AFS tahap 1 dulu hehe
          


  Well, mengetahui lolos ke babak 2 senangku gak karu-karuan rasanya. Segala puji ku ucapkan. Saat itu, seleksi tahap 2 dilaksanakan pada hari Ahad, 19 Mei 2013 di Surabaya. Bertepatan dengan hari itu juga, madrasah tercintaku milad yang ke 21. Unfortunately, aku gak bisa ikutan milad demi cita2 tersebut. Aku berangkat ke Sidoarjo pada hari Sabtu 18 Mei 2013 menuju rumah bibiku. Perlu persiapan fisik dan mental untuk tes besok. Saat ku check di internet, aku mendapat kloter 1 tepatnya pukul 8 pagi. Oh ya, btw tes tahap 2 ini wawancara. Wawancara bhs ind + bhs ing. Aku sudah persiapkan baik2 kemampuan speakingku. Selain itu, aku juga bersiap-siap utk menampilkan hobiku. Hobi yg bisa ditunjukkan di luar negeri kelak. Hobiku tidak lain dan tidak bukan adalah menyanyi. Berhubung aku gk bisa main alat musik, jadi ya cuman nyanyi aja. Aku berencana menyanyikan lagu jawa that shows the originality of Indonesia 


JENG JENG ! the day that I had been waiting for long time, finally came ! 19 MEI 2013!! SELEKSI AFS TAHAP 2
Peraturan yg berlaku masih tetap sama. Pakaian yg dipakai ham warna cerah, rok hitam dan bersepatu(sepatu harus tertutup gak boleh sepatu cewek). Berhubung ham warna cerah yg ku punya cuman putih dan udah ku pakai pada tes tahap 1, jadi ayahku tak segan2  membelikanku ham baru dengan warna soft pink ! AAA~ ayah membelikanku hanya demi tes hari ini! Aku terharu hiks hiks . Back to the rule, inget guys! Semua peraturan harus dipatuhi, entah dari segi pakaian, tidak boleh buang sampah smbrgan di lingkungan tmpt tes, mencontek,dll. Karena, ada pengawas yg mencatat kedisiplinan kita. Karena kalau kita nglanggar salah satu aja, bakalan mengurangi POIN kita looh !! Jadi, dulu waktu tes tahap 1 ada temenku pake sepatu cewek, eh langsung di catet sama pengawasnya dan poinnya berkurang deh. So, don’t break the rule!

Ok, back to the test ! Aku berangkat diantar keluarga dari Sidoarjo menuju Surabaya. Tempat seleksi kali ini di Universitas Katholik Surabaya. Setibanya disana, aku menuju ke arah teman2ku dari KEDIRI, teman SMP dulu Alhamdulillah dia juga lolos. Kamipun melakukan registrasi.


Suasana registrasi 
This is my daddy
Berkas untuk registrasi 
 Setelah itu, kami diantar ke suatu ruangan untuk menunggu giliran. Yaa, aku bertemu bermacam-macam anak dari berbagai sekolah mulai dari Tulungagung sampai Surabaya. Deg-deg an juga sih nunggu giliran.. haha. Sambil nunggu giliran, kakak2 panitia presentasi mengenai apa2 saja terkait dg AFS. Termasuk biayanya. Inget, beasiswa ini bukan beasiswa penuh. Jadi, kita tetep  aja harus bayar. Dan tiap2 negara biayanya berbeda-beda. Kalau tujuanku Jepang, ASIA itu biayanya 7000 dollar. Nah, bisa dikalkulasi sendiri 1 dollar pada saat itu sekitar Rp 10.000. Tinggal dikalikan aja sama 7000. Jadi, berapa ? Rp 70.000.000 ! OMO!! Itu masih ASIA, kalau lebih jauh lebih mahal pasti. Oh iya, dimanapun pilihan awal kita, kita gk bisa dipastikan ditempatin disana. Jadi, bakalan disesuaikan sama kita, Negara mana yg cocok utk kita. Begitu…
Oh iya, se Indonesia bakalan diambil cuman 2 anak ! dan gk boleh ngundurin diri kalo udh lolos.

Waktu terus berjalan, namun namaku belum juga dipanggil. Teman2 dari Kediri sampe udh dipanggil + pulang semua. Aku GREGETAAAN!! Gimana gak gregetan cobaa’?! Aku udah nunggu dari jm 08.00-13.00!! Dan seharusnya uda dipanggil. Soalnya, jam 13.00 itu dah masuk KLOTER 2! OMG ! Ortu ku sampe nanya ke temenku SMP. “Ini manggilnya berdasarkan apa sih? Abjad apa ranking? Kok belum keluar juga” AAA!! I’m getting tired -,- Kesabaranku udah meluap dan kuputuskan utk tnya ke panitia . Dan mereka sempet kaget juga aku belum kepanggil dan dataku nggak ada entah kemana….. Kemana~ kemana~ -,-“ mereka bilang “Maaf ya dek, ada kesalahan dr kami. Ditunggu aja.” Well! Aku nunggu… Nunggu ketidakpastian :/ And, the time showed that it was 3 P.M ! Hey hey !! Muke gilee capek lah dari jam 8 oiii.. Akupun gak bisa nahan emosi + gada siapa2 disana yg kukenal. Dan tak kusadari, the tears flew down from my eyes !! What an annoying day !
Gak lama kemudian, dipanggil juga “FARAH ANJANILLAH. MAN 3 KEDIRI” . TAPIII…  aku udah bad mood at that time. Tapi, kucoba hapus air mata dan masuk ke ruangan tes. Disana ada 1 bule, cewek pake jilbab. 3 yg lain org Indonesia alumni AFS. Wawancara berjalan lancar dan aku diminta menampilkan bakatku hingga akhirnya aku dilempari pertanyaan2 mengenai JEPANG.
“Gimana kalo diajak nonton Miyabi?”
“Jepang kan punya tradisi mandi sekeluarga, kamu gimana? Cara menyikapinya biar mereka gk tersinggung?”
“kamu kan pake jilbab, kalo di bully gimana?”
Bla bla bla.. kujawab dengan mantap sesuai kata hatiku. Lanjut wawancara bhs inggris sama miss bule hijabers.
“What makes Indonesia different than the others?”
Kujawab “Indonesia has BHINEKA TUNGGAL IKA. Indonesia consists of many languanges, regions, islands ,etc. Altough we are different, but we are ONE. WE ARE INDONESIAN  United we stand, divided we fall.”
Yaa itulah jawabanku. Tak tau bagaimana menurut si bule itu. Tapi, dari tadi  dia melemparkan senyuman padaku. Dan akhirnya wawancarapun berakhir. Yah lelah juga dari jam 8, dipanggil jam 3. Apapun hasilnya, aku akan terima. Toh, memang katanya saingan dari Chapter Surabaya lebih susah dari Chapter Malang. Jadi, persaingan emang begitu ketat.

 26 MEI 2013! Hari Pengumuman ! Saat kulihat di internet, kali ini nomor pesertaku tidak tercantum disana. Yaa, aku gagal. Kuanggap kegagalan ini sebagai tonggak keberhasilanku kelak. Aku tetap bersyukur. Aku ambil hikmah dari semua ini. Banyak yang jauh lebih baik dariku. Mungkin memang menurut Allah, aku belum mampu menjalani kehidupan disana sekarang. Tapi, siapa tau kelak? Aku yakin kesempatan terus berdatangan menghampiri and I believe that I will get that chance. Terkadang apa yg kita pikir buruk itu adalah yg TERBAIK dari ALLAH dan TERBAIK bagi KITA J THIS IS THE BEST WAY FROM ALLAH 
That’s my experience. Bye and thanks 

Wassalamu’alaikum

0 komentar:

Posting Komentar