Sabtu, 20 Desember 2014

رَبِّ زِدْنِي عِلْمً 'Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan'



Hai sob! Long time no see haha. Kali ini aku bakalan share tentang ilmu nih..

Ilmu.. ilmu itu dasar dari segala hal. Ilmu memang sumber pembelajaran dalam kehidupan. Bahkan dalam dalil-dalil naqli maupun aqli dikatakan bahwa semua orang wajib mencari ilmu. Ada pepatah mengatakan :

Belajar di waktu muda, bagai mengukir diatas batu

Belajar di waktu tua, bagai mengukir diatas air

Nah, maka dari itu sob kita yang masih muda-muda ini harus gunakan untuk mencari ilmu sebanyak banyaknyaa bagai mengukir diatas batu” kok bisa?? Bisa doongs :D itu perumpamaan aja sih, logikanya kalo kita belajar sedari kecil akan mudah hafal kaan?? Sama halnya dengan mengukir diatas batu, ingatannya akan tetep nempel. Kalo udah tua? kebayang gak gimana susahnya? Susah banget lah -,- gimana bisa “mengukir diatas air” ??


Ngomongin soal ilmu dari tadi, sebenarnya aku cuman pengen cerita aja sih hehe. Buat kalian yang merasa unggul dalam suatu bidang, janganlah ragu untuk berbagi ! By sharing, ur knowledge exactly will be added by the god ;) trust me ! Allah memang adil, semua orang tercipta dengan segala kekurangan dan kelebihan. Setiap orang unggul di bidang tertentu. Meskipun aku ini gak jago dalam hal matematika tapi Alhamdulillah aku punya satu bidang yang kuungguli dan aku berusaha untuk menekuni + menguasainya. What’s that? Definitely ENGLISH ! I love it very much <3. 


Gtw kenapa sejak dari kelas 5 SD aku mulai tertarik untuk mendalami bhs inggris. Lalu, Alhamdulillah aku bisa melanjutkan ke RSBI SMPN 4 demi mewujudkan impianku related with English. Btw, banyak yang beranggapan bahwa bhs inggris itu susah. Tapi menurutku, itu semua karena mereka belum terbiasa. Aku menyukainya karena aku terbiasa J Semua itu kan butuh proses. So, step by step should be passed! Untuk bisa menjadi diriku yang sekarang ini, aku melewati proses yang panjang lho.. saat kelas 8, wali kelasku adalah guru bhs inggris. Selama 1 semester kami disuruh untuk mengahafal 1000 vocabs ! Can you imagine how hard it was? Mungkin kalian gak sanggup mbayanginnya apalagi melakukannya.. Swear! Jadi, tiap hari kita diberi vocabs untuk dihafalkan di pertemuan berikutnya.  Kalau kalian mikirnya “gilaak ngapain juga? Kuker banget -,-” It’s totally wrong ! My beloved teacher did it because she cared of us. Itu semua demi kebaikan kita sendiri. Justru aku bersyukur banget, krn hal itu justru sangat membantu. Selain teori, aku juga improve my English by practicing it. Jadi, aku ke kampung Inggris di akhir semester. Alhamdulillah, ada progress . Dari situ, aku mulai terbiasa dengan ngomong inggris dan dari proses panjang itu lah I realized that I have an ability in English.
                                     Ini suasana belajar saat aku SMP :)
 

Untuk mempertahankannya, memang susah. Ibarat barang harus bener-bener dirawat biar gak rusak ataupun hilang. Begitu pula ilmu, agar ilmu itu tidak sia-sia dan kita tidak mudah melupakannya, maka one of the way is by teaching or sharing it. Kata tutorku di pare “kita(tutor) ini sebenarnya tidaklah pandai. Kita hanyalah TERAMPIL dan TERBIASA” Naaaaah…. That’s the KEY!! Sharing knowledge, sharing happiness Udahlah, Allah akan menambahnya.


Berawal dari hasil placement test kelas 12, temanku dari kelas XII-IPA 5 bilang katanya terpukul sama nilainya dan pengen belajar English dari yang paling dasar. Dia memintaku untuk mengajarinya. Aku sih ikhlas dan bersedia untuk mengajarinya asalkan ada teman lain yg juga ikut. Ogah banget kalo cuman ngajarin dia, apalagi dirumahku -,- kan gak etis, soalnya dia cowok ntar nimbulin fitnah yg nggak-nggak lagi.. hehe. Singkat cerita, dia ngajak kiky(ini cewek :D) ya temenku sekelas soalnya rumah dia kan deket sama rumahku. Akhirnya, pada waktu itu hari Jum’at malam lesku diliburkan. Guruku mau keluar rumah. Langsung aku kabari fuad(anak XII-A5) dan kiky untuk datang ke rumahku. Beberapa saat kemudian, kiky dah datang. Eeeh fuad belum nongol jugaa’ -_- Ternyata eeh ternyata.. DIA NYASAR!! OMG!! Dulu emang pernah ke rumahku, sekarang ya udah lupa. Dan nyasarnya itu PARAAAH BANGET! Nyasar sampek GAMPENGREJO ! Padahal rumahku itu jongbiru, gak sampek perempatannya malah. Duh duh -,- untung dia pake g-map dan akhirnya nyampek rumahku. Finally, it’s time to start the class! Jeeng jeeng.. Aku menirukan cara mengajar tutorku di pare. Mereka(tutor) memulai dengan vocabs, lalu pronounce it loudly and ask the students to repeat and memorize it.Aku menuliskan 5 vocabs di papan tulis lalu mengulang-ulang membacanya dan meminta fuad dan kiky untuk menghafalkannya. Untuk menguji hafalannya, aku meminta mereka untuk saling tanya-jawab mengenai vocabs ini. Alhamdulillah, mereka bisa J proud of you my students :D Gak cuman vocab yang kuajarkan, tapi juga grammar. Hari itu, aku ngajarin dari yg paling dasar. Aku kenalin dulu Part of Speech pake singkatan PANCAVIP(Pronoun Adj Noun Conjunction Adv Verb Interjection Preposition) lalu kulanjutkan dengan tenses simple present.Senang rasanya bisa berbagi ilmu 


Di sekolah, aku ngajak temen2 yang lain untuk join jugaa’. Banyak sih yang pengen ikutan, tapi masalahnya jarak rumah mereka dan rumahku jauh. Ada juga karena masalah waktu, jamnya kan malam. Akhirnya yg bener2 niat dan ikutan ada 3 cowok. Syahrul,Alfian dan Roni. Syahrul dan Alfian rumahnya gak terlalu jauh sama rumahku. Tapi, roni ini rumahnya Blabak lhooo.. Bayangin aja betapa jauhnya sama rumahkuu!! Patut ku acungi jempol, meskipun rumahnya jauh tapi, niat dan semangat tholabul ilmi nya itu AMAZING! Alhamdulillah sampai sekarang ini aku memiliki 4 murid yang istiqomah, mereka adalah Kiky, Syahrul, Alfian dan Roni (y). Fuad yang pertama ngajak malah gak istiqomah -,- Ada2 aja, pernah ada murid dadakan loh.. Dateng gak dijemput, pulang gak diantar. Kayak jalangkung :D tiba2 dateng tiba2 pergi haha. Selain itu, sekarang aku juga dapat murid baru  tetanggaku sendiri, Army anak XII-IPA 3 dan juga Ali anak ma’had ya semoga aja mereka juga istiqomah haha. Aku ngasih hadiah lho bagi murid yg nilainya naik alias ada progress. Oh ya sob, les bhs ing ini setiap hari kamis jamnya habis isya’. Bagi yang pengen ikutan, silahkan datang ke rumahku di Perum.Delta Jongbiru no 34 Kediri. Haha dikit aja promosi :D Ok guys, that’s all story about me and my experience. Bye and thanks! Check these pictures out ;)




                                          This is my home sweet home
This is me
Activity of the class
             



Murid progressed namanya Syahrul
                                          Murid istiqomah+rumahnya jauh: Roni


                                          Fuad and Kiky are my first students
                                          Alfian juga murid istiqomah (y)
                                                     Acara syukuran 'sanah hilwa'
                                     Sudden students : yg tidur+yg pake jaket biru -_-

2 komentar: