Kamis, 10 Juli 2014

TOEFL, siapa takut ?

TOEFL, siapa takut ?
    Assalamu'alaikum :)
Hai hai ! How is life ? Liburan semester ini pada kemana? di rumah aja atau jalan2? 
Kali ini, aku mau nge-share pengalamanku selama liburan semester ini. Check this out yaa.. 
Ngomongin soal liburan, biasanya sih liburan related sama relax. The main goal is to refresh our mind, gitu katanya. Memang benar otak perlu di refresh, namun jgn sampai membiarkan otak kita nganggur selama liburan hehe. Btw, liburan kali ini aku dan temen2 pergi ke kampung Inggris, Pare. Biasanya kita pergi kesana untuk belajar grammar & speaking, namun kali ini berbeda. Kita pergi kesana untuk belajar TOEFL.

TOEFL.. apaan sih ? banyak yg bilang TOEFL itu penting, skor minimal 450 bla bla bla, tapi mereka gtw apa singkatan n tujuannya. oke, berhubung aku baik hati xD,jadi ku kasih tau deh soal TOEFL. 

TOEFL itu singkatan dari Test Of English as Foreign Language. Seperti yg kita tau bhwa bahasa Inggris merupakan bahasa asing yg telah disepakati sbg bahasa dunia. So that, tujuan dari TOEFL adalah untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris kita.

Aku dan teman2 belajar TOEFL di Global English-Pare selama 10 hari. Suka duka kita jalani bersama.
Hari pertama masuk ada pre-test. Total simulasi TOEFL ada 6x. Gakpapa lah, hitung2 buat preparation ;)
Oh ya sob, TOEFL terdiri dari 3 sections. Listening, SWE(Stucture n Written Essay), Reading
Listening, yaa modalnya pendengaran so pasti xD hehe. Section Listening, kita harus sering2 berlatih mendengar memang. Listening ini berbeda dg yg ada di sekolah. Listening untuk TOEFL beraksen Amerika. Tau sendiri kan cara ngomong pake aksen Amerika gmna ?? Mereka suka menyingkat2 kata dan pronounciationnya emg beda sama British. Untuk Listening terdiri dari 3 parts, part A,B,C. total soal listening adalah 50. ya udah lah, gak usah khawatir n takut sama listening ;) aku juga rada' kesulitan dlm hal ini haha.

Lanjut ke SWE.. Nah, kalau yg satu ini modalnya adalah Grammar. SWE terdiri dari 40 soal n waktu pengerjaannya cuman 25 menit. 25 MENIIT! haha  biasanya ulangan di sekolah 40 soal 1-2 jam xD. Don't worry, be happy ! Ada trik2 pengerjaannya kok, jadi pasti bisa ;) Structure terdiri dari 15 soal, sedangkan Written Essay terdiri dari 25 soal. untuk WE, kita harus mencari jawaban yg SALAH dari option A,B,C,D. Nih kukasih tau metode2 pengerjaan SWE :
1. Theory
jelaas, metode no 1 adalah teori. teori mencakup grammar, guys. Kalau tau teorinya, insya allah lancar deh :)
2. Guessing
Menebak, kalau gtw teorinya kita bisa juga gunakan metode ini haha. Tapi inget, nggak smbrgn menebak. Harus ada dasarnya.
3. Feeling
jgn remehkan feeling lho, guys ! Feeling ini juga berperan penting. 
4. Gambling
gambling atau yg biasa kita kenal 'cap cip cup'. kalau bisa jgn sampek deh pake metode ini. -,-"

Reading.. sama aja kayak reading di sekolah. lancar2 aja gk ada masalah kan? kbanyakan masalahnya ada di vocab. willy nilly ? memang kita harus bnyk kosa kata utk mengerjakan reading. Trust me, gak ada yg susah kok di reading. toh, jwbnnya mesti ada di text nya kaan ? ;) Btw, utk standart minimal org Indonesia adalah 450, standart Internasional adalah 550. Jujur, letak kesulitanku ada pada listening. Swear, belum terbiasa listening aksen amerika soalnya ahaha. Di sekolah kan british.. tapi, tetep semangat!!
Alhamdulillah sejauh ini SWE n reading adalah penyelamat wks ;) skor TOEFL ku alhamdulillah sih selalu lulus, tapi masih naik turun nih -,- dari 480-466-483-486-480-483 hehe belum bisa 500. ini kan juga baru awal, my first experience.. tapi tes kedepannya aku yakin, pasti bisa !! There's nothing to worry about ;) Bye! Thanks
Lovely classmates @GE-Pare

jiah BEC.. xD

ngapain ini ? 

penitipan helm ? -,-"

Tugu Garuda Pare :3

Menikmati indahnya alam bersama sahabat

2 komentar: